9 Cara Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi sistem imun (sistem kekebalan tubuh) adalah untuk mencegah patogen (agen yang bisa menyebabkan penyakit, seperti bakteri dan virus) masuk ke dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh tidak semudah yang diucapkan, perlu banyak hal yang harus dilakukan terutama merubah pola makan dan gaya hidup.

Cara Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut Adalah 9 Cara Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh :

1. Cukup Istirahat (Tidur)

Kualitas tidur dikaitkan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Kualitas tidur yang tidak memadai menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Hasil penelian menunjukkan bahwa orang yang setiap malamnya tidur kurang dari 6 jam lebih mudah terserang flu daripada orang yang tidur selama 6 jam atau lebih.

Mendapatkan istirahat yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dan ketika sedang sakit, tubuh dapat istirahat lebih lama untuk memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit lebih baik.

Cara Hidup Sehat Cukup Istirahat

Pada orang dewasa sebaiknya tidur selama 7 – 8 jam, sementara untuk remaja sebaiknya tidur selama 8 – 10 jam, dan anak-anak atau bayi bisa selama 10 jam sampai 14 jam.

Bagi yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur, coba untuk menghindari cahaya dari ponsel, televisi, dan layar komputer, karena sinar biru yang dipancarkan dapat mengganggu ritme sirkadian, atau siklus bangun-tidur alami tubuh.

Selain itu usahakan tidur dengan cahaya ruangan yang gelap atau menggunakan penutup mata, tidur teratur atau pada waktu yang sama setiap malam, dan olahraga secara teratur.

2. Olahraga Teratur

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan melakukan sekali olahraga sedang dapat meningkatkan efektivitas vaksin pada orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi, olahraga sedang dan teratur dapat mengurangi peradangan dan membantu sel-sel kekebalan tubuh beregenerasi secara teratur.

Cara Hidup Sehat Dengan Bersepeda

Contoh dari olahraga sedang seperti bersepeda, jogging, dan berenang. Lakukan setidaknya selama 150 menit olahraga sedang setiap minggunya.

3. Kurangi Tingkat Stress

Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci kesehatan tubuh. Stres jangka panjang dapat meningkatkan peradangan, serta ketidakseimbangan fungsi sel kekebalan. Secara khusus, stres psikologis yang berkepanjangan dapat menekan respons kekebalan tubuh pada anak-anak.

Cara Hidup Sehat Dengan Mengurangi Tingkat Stress

Aktivitas yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi stres diantaranya meditasi, olahraga, yoga, dan praktik mindfulness lainnya. Bisa juga dengan cara berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Perbanyak Konsumsi Makanan Nabati

Makanan nabati atau makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat memberi banyak manfaat pada tubuh untuk melawan patogen berbahaya.

Antioksidan dalam makanan ini dapat membantu tubuh mengurangi peradangan dengan cara melawan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan ketika menumpuk di dalam tubuh dalam kadar tinggi. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, Alzheimer, dan beberapa kanker.

Cara Hidup Sehat Dengan Konsumsi Makanan Nabati

Sementara itu, serat yang terkandung dalam makanan nabati dapat menguatkan mikrobioma usus atau komunitas bakteri baik di dalam usus. Mikrobioma usus yang kuat dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mencegah patogen berbahaya memasuki tubuh melalui saluran pencernaan.

5. Perbanyak Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan.

Meskipun peradangan tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, peradangan kronis dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Cara Hidup Sehat Dengan Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi, yang bisa menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu, sifat anti-inflamasi dapat membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan Fermentasi Atau Suplemen Probiotik

Makanan fermentasi, seperti yogurt, kaya akan bakteri menguntungkan yang banyak terdapat di dalam saluran pencernaan, yang biasa disebut probiotik.

Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh membedakan antara sel-sel normal dengan organisme penyakit.

Cara Hidup Sehat Dengan Konsumsi Makanan Fermentasi

Jika tidak bisa rutin mengkonsumsi makanan fermentasi, pilihan lain bisa mengkonsumsi suplemen probiotik.

7. Kurangi Konsumsi Gula

Tambahan gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi secara tidak proporsional terhadap kelebihan berat badan dan obesitas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Menurut sebuah penelitian pada 1.000 orang, orang dengan obesitas yang diberi vaksin flu memiliki dua kali lebih banyak kemungkinan untuk tetap terserang flu, dibandingkan dengan orang yang tanpa obesitas yang menerima vaksin.

Cara Hidup Sehat Dengan Mengurang Konsumsi Gula

Mengurangi asupan gula dapat mengurangi peradangan dan dapat membantu penurunan berat badan, sehingga dapat mengurangi resiko kondisi kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mengingat bahwa obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung semuanya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membatasi gula tambahan adalah bagian penting dari diet untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Banyak Minum Air Putih

Hidrasi tidak menjamin dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus, tetapi mencegah dehidrasi penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, konsentrasi, mood (suasana hati), sistem pencernaan, dan fungsi jantung dan ginjal. Komplikasi ini dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit.

Cara Hidup Sehat Dengan Banyak Minum Air Putih

Untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan minum cukup cairan setiap hari sehingga air kencing tidak keruh. Air putih (air mineral) direkomendasikan karena bebas dari kalori, gula, dan zat tambahan lainnya. Juga dianjurkan untuk membatasi asupan jus buah dan teh manis karena kandungan gulanya yang tinggi.

Sebagai pedoman umum, minum air putih ketika haus dan berhenti ketika tidak lagi haus. Tubuh mungkin membutuhkan lebih banyak cairan ketika berolahraga dengan intens, bekerja di luar, atau hidup di iklim yang panas.

Penting untuk diketahui bahwa usia semakin tua semakin kehilangan keinginan untuk minum, karena tubuh mulai berkurang dalam memberi sinyal rasa haus. Orang yang lebih tua perlu minum secara teratur walaupun tidak merasa haus.

9. Konsumsi Suplemen Tambahan Jika Diperlukan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen berikut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh secara umum :

  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Zinc
  • Bawang Putih

Dalam memilih suplemen, sangat dianjurkan untuk memilih produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)Republik Indonesia. Apakah produk sudah terdaftar di BPOM bisa dilakukan pengecekan dengan membuka disini : Cek Produk BPOM.


PENGGUNAAN DAN INFORMASI PENTING :

Informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda.

Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan kondisi kesehatan spesifik Anda. Jangan pernah menunda atau mengabaikan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional atau penyedia layanan kesehatan lain yang memenuhi syarat.

Anda harus selalu berbicara dengan dokter atau perawat kesehatan profesional sebelum memulai, menghentikan, atau mengubah bagian yang ditentukan dari rencana perawatan kesehatan Anda. Dan untuk menentukan program terapi apa yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *