9 Manfaat Akar Maca Untuk Kesehatan, Dan Efek Samping

Tanaman maca adalah tanaman yang menjadi popular akhir-akhir ini. Tanaman ini berasal dari Peru yang dimanfaatkan akarnya dan biasanya diperjual-belikan dalam bentuk bubuk sebagai suplemen.

Secara tradisional, akar maca telah lama dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan dan dorongan seksual, dan juga meningkatkan energi dan stamina.

Manfaat Akar Maca Untuk Kesehatan

Apa Itu Maca?

Maca adalah jenis sayuran persilangan antara brokoli, kembang kol, kubis, dan kangkung; memiliki sejarah yang panjang dalam pemanfaatan kuliner dan pengobatan di Peru.

Tanaman maca yang memiliki nama latin Lepidium meyenii, kadang juga disebut sebagai ginseng Peru, banyak tumbuh di Andes, Peru, di atas ketinggian 4.000 meter.

Bagian utama tanaman yang dapat dimakan adalah akarnya, yang tumbuh di bawah tanah. Memiliki beberapa jenis warna, mulai dari putih sampai hitam.

Akar maca umumnya dikeringkan dan dikonsumsi dalam bentuk bubuk, tetapi juga tersedia dalam bentuk kapsul dan ekstrak cair.

Sebagian orang tidak suka rasa bubuk akar maca yang digambarkan rasanya seperti tanah dan sedikit seperti kacang. Banyak orang mengkonsumsi bubuk ini dengan cara menambahkannya pada smoothies, oatmeal, dan camilan manis.


Manfaat Akar Maca

Perlu dicatat bahwa penelitian tentang manfaat akar maca untuk kesehatan masih dalam tahap awal atau belum banyak dilakukan.

Beberapa penelitian telah dilakukan pada manusia, namun banyak penelitian kecil yang dilakukan masih sebatas pada hewan dan / atau didanai oleh perusahaan yang memproduksi atau menjual produk maca.

Berikut manfaat akar maca untuk kesehatan :

1. Memiliki Kandungan Gizi Tinggi

Bubuk akar maca memiliki kandungan gizi yang tinggi, dan merupakan sumber vitamin dan mineral penting.

Tiap 1 gram maca mengandung :

  • Kalori : 3
  • Karbohidrat : 700 mg
  • Protein : 167 mg
  • Serat : 71 mg
  • Lemak : 36 mg
  • Vitamin C : 5% RDI
  • Tembaga : 3% RDI
  • Besi : 1% RDI
  • Potasium : 0,6% RDI
  • Vitamin B6 : 0,5% RDI
  • Mangan : 0,35% RDI

Akar maca adalah sumber karbohidrat yang baik, rendah lemak dan mengandung serat yang cukup banyak. Juga memiliki kandungan tinggi beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, tembaga dan zat besi.

Selain itu, juga mengandung berbagai senyawa tanaman, termasuk glukosinolat dan polifenol.

2. Meningkatkan Libido pada Pria dan Wanita

Menurunnya gairah seksual adalah masalah yang umum terjadi pada orang dewasa. Akibatnya, minat pada tumbuhan dan tanaman yang secara alami meningkatkan libido menjadi meningkat.

Maca telah banyak dipasarkan sebagai suplemen yang efektif dalam meningkatkan hasrat seksual, dan klaim ini didukung oleh penelitian.

Sebuah ulasan dari tahun2010 yang memasukkan empat penelitian klinis acak dengan total 131 pastisipan membuktikan bahwa maca meningkatkan hasrat seksual setelah konsumsi setidaknya selama enam minggu.

3. Dapat Meningkatkan Kesuburan pada Pria

Untuk masalah kesuburan pria, kualitas dan kuantitas sperma sangatlah penting. Ada beberapa bukti bahwa akar maca dapat meningkatkan kesuburan pria.

Sebuah ulasan baru-baru ini merangkum temuan dari lima penelitian kecil. Yang menunjukkan bahwa maca dapat meningkatkan kualitas semen pada pria yang tidak subur maupun pada pria sehat.

Salah satu penelitian yang ditinjau melibatkan sembilan pria sehat. Setelah mengkonsumsi maca selama empat bulan, para peneliti mendeteksi adanya peningkatan volume, jumlah dan motilitas sperma.

4. Meringankan Gejala Menopause

Menopause didefinisikan sebagai waktu dalam kehidupan wanita ketika periode haid telah berhenti secara permanen. Penurunan alami estrogen yang terjadi selama waktu ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak menyenangkan, seperti hot flashes, kekeringan pada vagina, perubahan suasana hati, masalah tidur dan lekas marah.

Satu ulasan dari empat penelitian terhadap wanita menopause membuktikan bahwa maca dapat membantu meringankan gejala menopause, termasuk hot flashes dan gangguan tidur.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa maca dapat membantu melindungi kesehatan tulang. Wanita memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi setelah menopause.

5. Meningkatkan Mood (Suasana Hati)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa maca dapat meningkatkan suasana hati (mood). Yang telah dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan dan gejala depresi, terutama pada wanita menopause.

Maca mengandung senyawa tanaman yang disebut flavonoid, yang dianggap dapat mengurangi kecemasan dan gejala depresi, sehingga dapat meningkatkan mood.

6. Meningkatkan Kinerja dan Energi Atlet

Bubuk akar maca adalah suplemen populer di kalangan binaragawan dan atlet. Yang telah diklaim dapat membantu atlet menambah massa otot, meningkatkan kekuatan, meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja fisik.

Dan juga, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bubuk akar maca dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh.

Selain itu, satu penelitian kecil pada delapan pesepeda pria menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perjalanan sepeda hampir 40 km setelah 14 hari mengkonsumsi suplemen tambahan ekstrak maca.

Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mengkonfirmasi manfaat maca untuk massa otot atau kekuatan.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat membakar dan merusak kulit yang terpapar dan tidak terlindungi. Seiring waktu, radiasi UV dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Ada beberapa bukti bahwa mengoleskan ekstrak maca pada kulit dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Satu penelitian lain membuktikan bahwa ekstrak maca yang dioleskan pada kulit lima tikus selama periode tiga minggu, dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Efek perlindungan tersebut dikaitkan dengan antioksidan polifenol dan glukosinolat yang ditemukan di ekstrak maca.

Perlu diingat bahwa ekstrak maca tidak dapat menggantikan tabir surya konvensional. Dan juga, hanya melindungi kulit ketika dioleskan ke kulit, bukan saat dimakan.

8. Meningkatkan Kecerdasan dan Memori

Maca dapat meningkatkan kinerja dan fungsi otak. Bahkan, secara tradisional telah digunakan oleh penduduk asli di Peru untuk meningkatkan kinerja anak-anak di sekolah.

Dalam penelitian pada hewan, maca telah terbukti meningkatkan pembelajaran dan daya ingat pada tikus yang mengalami gangguan daya ingat. Dalam hal ini, maca hitam tampaknya lebih efektif daripada varietas lain.

9. Mengurangi Ukuran Prostat

Prostat adalah kelenjar yang hanya ditemukan pada pria. Pembesaran kelenjar prostat, juga dikenal sebagai Benign Prostatic Hyperplasia (BPH), umum terjadi pada pria lanjut usia.

Prostat yang lebih besar dapat menyebabkan berbagai masalah dengan mengeluarkan air seni, karena mengelilingi tabung di mana air seni dikeluarkan dari tubuh.

Menariknya, beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa maca merah dapat mengurangi ukuran prostat.

Telah diteliti bahwa efek maca merah pada prostat terkait dengan jumlah glukosinolat yang tinggi. Zat-zat ini juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko kanker prostat.


Cara Konsumsi Maca

Maca mudah dicampurkan ke dalam makanan. Dapat digunakan sebagai suplemen atau ditambahkan ke dalam smoothie, oatmeal, makanan yang dipanggang, dan banyak lagi.

Dosis optimal untuk penggunaan obat belum ditetapkan. Namun, dosis bubuk akar maca yang digunakan dalam penelitian umumnya berkisar 1,5 – 5 gram per hari.

Maca banyak tersedia di toko online, yang tersedia dalam bentuk bubuk, kapsul 500 mg, atau sebagai ekstrak cair.

Maca kuning adalah jenis yang paling mudah ditemukan di pasaran, sedangkan jenis yang lebih gelap seperti merah dan hitam mungkin memiliki sifat biologis yang berbeda.


Keamanan dan Efek Samping

Maca umumnya dianggap aman. Namun, penduduk asli Peru percaya bahwa mengkonsumsi akar maca segar dapat memiliki efek kesehatan yang buruk dan merekomendasikan untuk merebusnya terlebih dahulu.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah tiroid, sebaiknya berhati-hati dalam konsumsi maca, karena mengandung goitrogen, yaitu zat yang dapat mengganggu fungsi normal kelenjar tiroid. Senyawa-senyawa ini lebih cenderung mempengaruhi kesehatan jika sudah memiliki gangguan fungsi tiroid.

Terakhir, wanita hamil atau menyusui harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi maca.


PENGGUNAAN DAN INFORMASI PENTING :

Informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda.

Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan kondisi kesehatan spesifik Anda. Jangan pernah menunda atau mengabaikan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional atau penyedia layanan kesehatan lain yang memenuhi syarat.

Anda harus selalu berbicara dengan dokter atau perawat kesehatan profesional sebelum memulai, menghentikan, atau mengubah bagian yang ditentukan dari rencana perawatan kesehatan Anda. Dan untuk menentukan program terapi apa yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *