8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Berdasar Hasil Penelitian

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Berdasar Hasil Penelitian

Puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai untuk menurunkan berat badan hingga menjadikan fungsi otak yang lebih baik.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Manfaat Puasa

Berikut adalah 8 manfaat puasa bagi kesehatan yang telah dibuktikan melalui penelitian :

1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah dengan Mengurangi Resistensi Insulin

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa puasa dapat mengontrol gula darah, sehingga bisa mencegah diabetes. Penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, puasa juga dapat mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin berarti meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga pemindahan glukosa dari darah ke sel tubuh menjadi lebih efisien.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh dengan Mengurangi Peradangan

Peradangan akut adalah proses kekebalan tubuh yang normal yang terjadi ketika mengalami infeksi, sedangkan peradangan kronis dapat berakibat serius bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin terkait dengan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa selama satu bulan dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mengontrol Tekanan Darah, Tingkat Trigliserida dan Kolesterol

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5% kematian secara global. Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Penelitian lain mengungkapkan bahwa puasa Daud selama delapan minggu bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL sebesar 25%, dan trigliserida darah sebesar 32%.

4. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Kerusakan Syaraf Otak

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan otak, yaitu memperbaiki fungsi dan struktur otak.

Penelitian lain juga melaporkan bahwa puasa dapat meningkatkan pembentukan sel-sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Karena puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, berarti juga dapat membantu mencegah kerusakan syaraf otak.

Puasa juga dapat melindungi dan memperbaiki kondisi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Membantu Penurunan Berat Badan dengan Membatasi Asupan Kalori dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan.

Selain itu, untuk mengurangi lemak tubuh ternyata puasa lebih efektif daripada mengurangi kalori per hari, sekaligus menjaga jaringan otot.

6. Meningkatkan Sekresi Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan adalah hormon protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan tubuh, yaitu untuk pertumbuhan, metabolisme tubuh, penurunan berat badan, dan kekuatan otot. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan.

7. Menunda Penuaan dan Memperpanjang Usia Harapan Hidup

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan tentang potensi memperpanjang usia dari efek puasa. Tikus yang berpuasa setiap hari mengalami tingkat penuaan yang tertunda dan hidup 83% lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa.

Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana puasa dapat berdampak pada umur panjang dan menunda penuaan pada manusia.

8. Membantu dalam Pencegahan Kanker dan Meningkatkan Efektivitas Kemoterapi

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan kanker. Dan juga meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada kanker.

Terlepas dari temuan yang menjanjikan ini, penelitian tambahan sangat diperlukan untuk melihat bagaimana puasa dapat mencegah dan mengobati kanker pada manusia.


Efek Samping

Meskipun sangat banyak manfaat puasa bagi kesehatan, tetapi tidak semua berlaku pada semua orang. Bagi penderita diabetes atau gula darah rendah, puasa dapat menyebabkan lonjakan dan kerusakan kadar gula darah, yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Solusi terbaik adalah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika berencana untuk puasa. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan makan makanan padat gizi ketika sahur dan berbuka puasa, untuk memaksimalkan potensi manfaat puasa bagi kesehatan.


PENGGUNAAN DAN INFORMASI PENTING :

Informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda.

Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan kondisi kesehatan spesifik Anda. Jangan pernah menunda atau mengabaikan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional atau penyedia layanan kesehatan lain yang memenuhi syarat.

Anda harus selalu berbicara dengan dokter atau perawat kesehatan profesional sebelum memulai, menghentikan, atau mengubah bagian yang ditentukan dari rencana perawatan kesehatan Anda. Dan untuk menentukan program terapi apa yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *